Waspada Flu Babi

Belum kelar tugas kita memberantas flu burung datang lagi penyakit yang berasal dari hewan, FLU BABI,penduduk  dunia pun dibuat kalang kabut dengan datangnya firus flu ini karena ditengarai dapat berpotensi menimbulkn pandemi.

Berasal dari Meksiko sehingga tak kurang dari 1.400 orang terjngkit flu babi di negara tersbut sejak Maret 2009, 103 diantaranya meninggal. Dilaporkan pula di Amerika Serikat ada 20 kasus flu babi,4 kasus di Kanada serta 10 kasus di Selandia Baru.

Komoditas internasional segera bertindak untuk mencegah penyebaran virus flu babi k e seleruh dunia. Eropah sudah muali mempetketat Pos pemerikasaan kesehatan di perbatasan dan bandara. Indonesia pun menghentikan impor daging babi, Presiden SBY mendadak menggelar rapat kbinet terbatas pada hari Senin 27 Maret kemarin untuk membahas wabah flu babai ini, yaitu meminta jajaran menteri untuk segera melaksanakan kabijakan antiptif mencegah penyabaran penyakit itu ke Indonesia.

Menurut situs Centers for Disease Control and Prevention(CDC)AS, normalnya virus flu babi hanya berjangkit pada babi dengan tingkat kematian rendah. Namun, secara sporadis terjadi infeksi pada manusia. Pada mnusia, gejala flu babi mirip flu manusia, yaitu demam, lesu, sakit kepala, batuk , pilek, tenggorokan sakit, mual, muntah dan diare. Viru ini menyebar lewat udara, yaitu lewat bersin dan batuk penderita. Virus ini tidak menular lewat daging babi jika dimasak dengansuhu minimal 71 derajat celcius.

Untuk mengatasi virus itu, CDC merekomendasikan antivirus taniflu atau zanamivir (Relenza). Obat ini efektif jika mulai diberikan dalam dua hari pertama gejala tampak.

Dari penelitian, antigen H1N1 pada flu babi tidaaak sama dengan H1N1 pada flu manusia. Karena itu, flu babitidk bisa decegh dengan vaksin flu manusia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan CDC memberikan perhatian pada strain virus flu baru inikarena menular dri manusia ke manusia dengan tingkat kematian yang cukup tinggi. Hal ini menimbulkan Pandemi.

Dikutip dari KOMPAS,

Pos ini dipublikasikan di 1 dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s