Puff Pastry

coba bikin pastry yuk….🙂

Adonan Dasar Puff Pastry

Bahan :

  • 450 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 175 ml air
  • 75 gram mentega
  • 275 gram pastry margarin

Cara membuat :

  • Ayak tepung terigu lalu tambahkan telur, gula pasir, garam dan air. Uleni sampai tercampur. Masukkan mentega lalu uleni hingga kalis. Diamkan adonan selama 15 menit dalam lemari pendingin.
  • Giling adonan lalu letakkan pastry margarin di tengahnya. Bungkus seperti amplop lalu giling setebal 1/2 cm.
  • Lipat lembaran pastry kiri hingga menutupi 2/3 lembaran. Lipat 1/3 sisa lembaran menutupi lembaran tadi. Giling sampai tebalnya 1/2 cm. Lakukan hal yang sama 3 kali.
  • Lipat ke tengah lalu diamkan10 menit dalam lemari es.
  • Adonan siap di bentuk.
Stick Keju
 Bahan :
  • 1 resp dasar puff 
Bahan Isi :
  • 30 gram keju parmesan ( aku pake keju cheddar)
  • kuning telur untuk mengoles
Cara membuat :
  • Giling adona setebal 1/2 cm lalu taburkan setengah bagian keju, lipat dua
  • Giling tipis lagi lau taburkan sisa keju 
  • Potong sepanjang 15x1x1 cm. pilin dalam 5 putaran.
  • Oles dengan kuning telus lalu oven selama 20 menit dan suhu 180 derajat celcius.
Untuk 350 gram
Untuk bentuk yang lain silakan kreasi sendiri  :)

| Tag | Meninggalkan komentar

Rainbow Cake

Penasaran sama kue satu ini, katanya lagi trend di ibukota, coba brosing … lucu2 juga , jadi kepingin bikin.

Coba bikin …ah. Bolunya kalo yang aku lihat di internet ada yang di panggang , ada yang di kukus, tergantung selera, kali ini karena ini baru pertama kali aku coba aku bikin yang kukus aja lebih hemat juga dan anti gagal asal telaten aja.

Untuk bolu :

Bahan :

  • 2 butir telur
  • 200 gram gula pasir ( aku pake 150 gram)
  • 250 gram tepung terigu
  • 2 sendok teh emulsifier
  • 250ml santan cair ( bisa diganti susu cair)
  • pewarna makanan, ungu, merah, oranye, kuning, hijau, biru
  • 1/4 sendok teh garam
Untuk Hiasan :
  • Whip Cream untuk olesan
  • Keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat :

  • Kocok telur, garam, emulsifier dan gula pasir hingga mengembang kurleb 4-5 menit.
  • masukkan terigu bargantian dengan santan sambil kocok perlahan.
  • bagi adonan menjadi 6 bagian , beri pewarna makanan setiap bagiannya.
  • tuang dalam loyang bulat 18cm , yang sudah diolesi margarin dan dialasi plastik, kukus satu per satu warna kurleb 5-7 menit hingga semua selesai.
  • susun cake, urutan dari bawah ungu, biru, hijau, kuning, oranye dan terakhir lapisan paling atas warna merah.
  • setiap layar olesi dengan whiop cream, setelah tersusun rapi oles semua permukaannya denga whip cream, taburi keju parut diatasnya.

Untuk 10 potong.

nih hasilnya, masih belepotan sih , tapi lumayan lah untuk pemula….🙂

Cake yang belum di potong

Taraa…. baru kelihatan layernya , colorfull like rainbow…🙂

| Tag | Meninggalkan komentar

Roti Bun Kentang

Sebenarnya ini sama saja dengan roti kentang lainnya, bentuknya juga cuma bunder aja.

Aku buat roti ini untuk camilan yang mengenyangkan buat Dhito sebagai teman dia belajar dalam menghadapi Unas SD. Aku buat roti ini dengan 3 variasi meski bentuknya sama isinya berbeda ada keju, coklat dan sebagian aku biarin tak berisi tujuannya kalo ada sisa besoknya isa aku buat roti burger ( tapi sayang tak bersisa, gak jadi deh isi burgernya) untuk sarapan.

Niah aku coba tulis resepnya:

Bahan :

  • 400gram terigu protein tinggi ( cakra)
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok makan ragi instant
  • 200 gram kentang kukus, dihaluskan
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 100 gram margarin
  • garam secukupnya
  • 150 – 200 ml air (tuang air sedikit2 karena kalo pake kentang , adonan lebih lembek, jadi penggunaan air bisa dikurangi jika adonan sudah cukup kalis)
  • Keju parut, meses untuk isi
  • 2 butir kuning telur

Caranya :

  • Uleni terigu, ragi, gula, telur, kentang dan air sampai rata
  • campurkan margarin dan garam uleni lagi hingga kalis
  • diamkan kurleb 30 menit.
  • kempiskan adonan, timbang masing2 50 gram , bentuk bulat
  • isi masing2 bulatan adonan dengan bahan isi , diamkan lagi kurleb 10 menit.
  • Oven hingga matang

Untuk 20 buah

Nih Hasil yang aku bikin

 

 

| Meninggalkan komentar

Pepes Tape Bakar

Makanan ini kesukaan almarhum ayahku ( aku panggil beliau Rama), apalagi kalo bulan ramadhan , ibu sering sekali menyajikannya untuk buka puasa, wangi tape bakar yang di campr dengan kelapa muda parut membuat semakin pengen cepat2 buka puasa…

Nih aku coba tulis resepnya :

500 gram tape singkong yang manis, buang tulangnya haluskan dengan garpu

150 gram gula pasir

setengah butir kelapa setengah muda parut

garam secukupnya

daun pisang untuk membungkus

Caranya :

  • campur semua bahan, aduk hingga rata.
  • bungkus dengan daun pisang semat kedua ujungnya
  • bakar diatas bara api hingga matang
  • sajikan hangat dengan saus gula merah atau coklat leleh

Nih hasilnya …. hm… nikmat

Image

| Tag | Meninggalkan komentar

Flanel Indah Craft

Galeri ini berisi 17 foto.

Kebetulan mbaku yang cantik, Mbak Indah  pinter sekali membuat craft dari kain flanel. Awalnya sih coba2 bikin untuk ngisi liburan beserta anaknya karena kebetulan liburan gak ada acara ke mana2…eh keterusan dan hasil juga cukup bagus , peluang nih buat … Baca lebih lanjut

Galeri | Tag | Meninggalkan komentar

Risoles Ragout

Kebetulan ada sisa ragout dalam kemari es, jadi pingin risoles , bikin yukkk…

Bahan Crepe :

  • 150 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Air/ susu cair/ santan secukupnya

Bahan isi:

  • Ragout sayur ( aku tambahin  susu cair dan keju, di masak hingga kental seperti fla)
Bahan pelapis :
  • Tepung roti
  • Putih telur

Cara :

  • Buat dadar , aduk semua bahan hingga tercampur rata dan tidak bergerindil. Buat dadar di wajan anti lengket satu per satu hingga adonan habis, sisihkan.
  • Isi kulit dadar dengan ragout lipat seperti amplop, celup dalam putih telur kemudian lumuri dengan tepung roti
  • Goreng hingga coklat keemasan
  • Hidangkan hangat dengan saos sambal atau cabe rawit

Untuk 15 buah

| Tag | Meninggalkan komentar

Donat Telo (ubi Jalar)

Kebetulan ada kemarin beli ubi belum diapa-apin geletak di lantai dapur, coba deh bikin donat … secara tekstur ubi mirip kentang eh… hasilnya eeempuuk banget uenak…si dhito suka

Nih resepnya,:

Bahan :

  • 350 gram terigu protein tinggi
  • 80 gram gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • 80 gram margarin
  • 200 gram ubi jalar , dikukus haluskan
  • 200 ml air ( boleh susu cair)
  • 1 sdk makan fermipan
  • 1/2 sendok teh baker bonus
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak goreng untuk menggoreng
Hiasan:
meses, selai strawberi, coklat masak, keju (sesuai Selera)

Caranya:

  • Campur terigu, telur, gula, fermipan , baker bonus
  • uleni dengan air sedikit demi sedikit, masukkan ubi kukus yang telah dihaluskan, uleni lagi hingga rata
  • masukkan margarin dan garam uleni hingga kalis, tiak lengkat di tangan, diamkan kurlab 30 menit
  • kempiskan adonan timbang masing2 40 gram, bentuk donat , diamkan kurleb 10 menit.
  • Goreng hingga matang
  • hias sesuai selera
  • siap dihidangkan

Untuk 18 buah

| Tag | Meninggalkan komentar