Ekspresif dengan Menggambar

Banyak cara yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak-anaknya dalam usaha mendidik, membimbing, ataupun memberikan hiburan terhadap tumbuh kembang anak itu sendiri. Salah satu cara dengan menggambar.

Menggambar merupakan salah satu media untuk mengungkapkan imajinasi anak, aktivitas ini membantu pengembangan otak kanan, seperti kita ketahui keseimbangan antara otak kanan dan kiri sangat penting untuk perkembangan anak itu sendiri. Jika diajarkan selalu ilmu eksakta , tentu saja mempengaruhi otak kiri anak , maka  nak akan cenderung menjadi pribadi yang egois, dan kurang bersosialisasi. Untuk itu perlu dan penting menyeimbangkannya dengan pengembangan otak kanan, hal ini dapat mendorong anak untuk lebih bersosialisasi, berempati dangan orang lain, juga mamapu meningkatkandaya ekspresinya.

Menggambar dapat memberikan kesempatan pada anak untuk peka terhadap lingkungan sekitar seiring dengan situasi dan obyek yang mereka tuang ke dalam kertas. Bisa dikatakan menggambar merupaka media paling ekspresif, karena anak-anak dapat secara langsung menuangkan imajinasinya berupa ekspresi gagasan dari dalam dirinya.

Kita sebagai orang tua seharusnya mendukung ataupun memberikan dorongan kepada anak dalam kegiatan menggambar anak. Berilah pujian atau kata-kata positif terhadap anak disaat mereka menunjukkan hasil karyanya sehingga anak merasa diperhatikan dan dihargai. Dengan begitu anak dapat lebih berani mengekspresikan pemikirannya ke dalam bentuk gambar.

Biarkan pula anak-anak menggambar sesuai imajinasinya, agar mendapat ciri khas hasil karyanya yang berbeda dengan anak lainnya. Jadi hindari mengarahkan anak dengan cara menggambar yang sudah biasa.

 Hindari pula mencela gambar anak karena kurang bagus dari sudut pandang kita. Jika memang gambar tersebut sangat berbeda dengan gambar seharusnya , kita dapat mengarahkannya tanpa harus mencelanya. Kita dapat memberikan panduan dan arahan kepada mereka.

Sekali- kali ajak pula anak-anak kita ke taman atau tempat di luar ruangan lainnya sebagai tempat di luar ruangan lainnya sebagai tempat menggambar. Hal ini akan membantu anak-anak untuk meningkatkan imajinasinya dengan mendekatkan dia dengan objek dan suasana nyata yang akan digambar.

Jadi, mulailah untuk membantu anak – anak kita dari usia dini mengembangkan daya kreativitasnya dengan menggambar. Tidak sulit bagi kita untuk melakukannya, hanya membutuhkan kesabaran dan ketenangan dalam membimbing mereka.(Kompas,KLASIKA)

Tulisan ini dipublikasikan di 1 dan tag . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s